Rabu, 12 Juni 2013

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DAN PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA


A. PENGERTIAN PASAR
Pengertian pasar secara umum, yakni tempat bertemunya permintaan dan penawaran,sehingga dapat menetapkan harga.Dalam ekonomi kita mengenal ada pasar tempat perusahaan memproduksi barang dalam skala kecil yg harus menghadapi banyak pesaing yg banyak memproduksi barang dalam skala besar,dan ada pula pasar tempat perusahaan memproduksi barang dalam yang harus menghadapi banyak pesaing dalam memproduksi barang dalam skala kecil.perbedaan jemlah dan besarnya skala produksi berbagai perusahaan du suatu negara dapat di katakan sebagai struktur pasar.

B. STRUKTUR PASAR
Struktur pasar adakahberbagai hal yg mempengaruhi tingkah laku dahn kimerja perusahaan dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skala priduksi, dah jenis produksi. Struktur pasar kompetitif adalah strukturbpasar dimana perusahaan-perusahaan yang ada di dalam nya sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi harga jumlah barang di pasar. Semakin lemah ke mampuan perusahaan-perusahaan terebut,semakin kompetitif struktur pasar.

C. PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
*PENGERTIAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar pesaingan sempurna harus menggambarkan suatu keadaan, di mana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga, sehingga harga di pasar-pasar benar-benar merupakan hasil interaksi antara permintaan dan penawaran. Dengan kata lain, harga yang terbentuk adalah cerminan keinginan konsumen dan produsen. Permintaan mecerminkan keinginan konsumen,dan penawaran merupakan cermin keinginan produsen atau penjual.



*CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
* Pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak pembeli,namun mereka tidak mampu memengaruhi harga.
* Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual.
* Barang dan jasa yang di jual bersifat homogen dan tidak dapat di bedakan.
* Adanya ke bebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna.
* Setiap pihak dapat mengetahui ke adaan pasar dengan mudah.
* Adanya kebeasan untuk mengambil keputusan.



*LABA MAKSIMUM DLAM PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Titik pulang pokok adalah keadaan ketika total penerimaan sama dengan total biaya yang di keluarkan. Untuk mengetahui titik pulang pokok dalam laba maksimum suatu perusahaan, kita harus mengetahui terlebihdahulu total biaya dan total penerimaan yang di peroleh perusaan tersebut.

A. PENERIMAAN TOTAL
{ TOTAL REVENUE }
Penerimaan total (total revenue-TR) di definidikan sebagai pendapat yg di peroleh dari hasil penjualan produk. Untuk pasar persaingan sempurna, kurva TR merupakan garis lurus menaik yg di mulai dari titik nol (0), berkaitan dengan asumsi bahwa pembeli dan penjual di pasar persaingan sempurna merupakan pengikat harga( price-taker). Oleh karna itu penjual dan pembeli merupakan quantity-setter dan price-taker. Secara matematis, penerimaan total tertulis sebagai Rumus : TR = P X Q

B. PENERIMAAN RATA-RATA { AVERAGE REVENUE }
Permintaan rata-rata (average revenue-AR) di definisika sebagai penerimaan total per unit yang diproduksi.untuk pasar persaingan sempurna, karena harga tetap, maka penerimaan rata-rata tiap unit sama dengan harga per unit produk, sehingga kurva permintaan rata-rata sama dengan kurva permintaan.secara matematis, permintaan rata-rata dapat di tulis sebagai
Rumus : AR = TR = P
Q


C.PERMINTAAN MARJINAL {MARGINAL REVENUE}

Permintaan marjinal (marginal revenue-MR)definisikan sebagai tambahan penerimaan yg di peroleh sebagai hasil dari penjualan satu produk lagi. Secara matematis,penerimaan marjinal dapat tertulis sebagai rumus : MR=TRn – TRn-1
Karena kurva permintaan (p) untuk pasar persaingan sempurna sama dengan kurva permintaan rata-rata (AR), dan kurva permintaan marjinal (MR),maka kita dapat merumuskan nya , sebagai berukut RUMUS: kurva P=AR=MR

D. BIAYA MARJINAL {MARGINAL COST}
Biaya marjinal (marginal cost-MC)di definisikan sebagai tambahan biaya yg harus di keluarkan sebagai akibat dari memproduksisatu unit tambahan.secara matematis, biaya marjinal dapat di tulis sebagai rumus : MC = TCn - TCn-1



E. BIAYA TOTAL RATA-RATA (AVERAGE TOTAL COST)
Biaya total rata-rata (average total cost-ATC) di definisikan sebagai biaya total yang harus di keluarkan untuk setiap unit produksi.secara matematis,biaya total dapat dituluis srbagai RUMUS = ATC =TC
Q
*PERAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA BAGI MASYARAKAT
Harga pada pasar persaingan sempurna bersifat DATUM. Artinya, produsen tidak akan dapat mempengaruhi harga dengan cara menambah atau mengurangi produksi. Jadi pasar persaingan sempurna mendidik masyarakat melakukan proses produksi secara efisean,sehingga produk yang sampai ke masyarakat adalah produk dengan mutu terbaik dan harga murah.
*KEBAIKAN DAN KEBURUKAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
A. KEBAIKAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Salah satu ciri dari pasar persaingan sempurna adalah harga terbentuk berdasarkaninteraksi permintaan dan penawaran.harga menjadi indikator bagi kinerja produsen.pasar persaingan sempurna terpacu untuk berpoduksi dengan efisien.sumber daya produksi bebas keluar atou masuk,sehinggakegiatan ekonomi lebih sehat dan bergairah.



B. KEBURUKAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pada pasar persaingan sempurna barang yang di perdagangkan bersifat homogen. Tidak ada ke unggulan suatu produk di bandingkan preoduk lain,inovasi menjadi terhambat ini merupakan ke burukan pasar persaingan sempurna.

*PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

1.PASAR MONOPOLI
A. PENGERTIAN PASAR MONOPOLI
Mono artinya satu
Poli artinya penjualan
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjualan yang menguasai pasar dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti (substitusi) yang sangat dekat.

B. CIRI-CIRI PASAR MONOPOLIN
CIRI DAN SIFATNYA :
1} Hanya ada satu orang penjual
2} terdapat banyak pembeli
3} produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti (substitusi)nyang dekat
4} adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar.

Hambatan- hambatan monopoli yang sedah mapan

• Penetapan harga serebdah mungkin

• Adanya ke pemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif

• Pengawas yg ketat terhadap agen pemasaran dan distribusi

• Adanya skala ekonomis yang sangat besar

• Memiliki sumber daya yg unik


LABA MAKSIMUM DALAM PASAR MONOPOLI


Hal ini dimaksudkan agar kenaikan harga tersebut bisa meningkat penjualan perusahaan, dan bukan justru mengakibatkan konsumen menunda pembelian atau berpindah ke barang substitusi.untuk menganalisis penentuan tingkat yang bisa menguntungkan perusahaan, kita perlu mengetahui indikator-indikator yang berperan dalam penetapan tingkat harga yaitu:
• Penerimaan total
• Penerimaan rata-rata
• Penerimaan marjinal


KEBAIKAN DAN KE BURUKAN PASAR MONOPOLI

1} KEBAIKAN PASAR MONOPOLI

• Menghindari produk-produk tiruan dan persaingan yang tidak bermanfaat
• Menimbulkan skala ekonomi yg menurunkan biaya produksi
• Terjaganya keseimbangan stabilitas perusahaan
• mendorong penggunaan mesin-mesin generasi terbaru dengan tingkat teknologi tinggi
• Mendorong peningkatan kinerja departemen penelitian dan pengembangan


2} KEBURUKAN PASAR MONOPOLI

• Penyalahgunaan kekuatan ekonomi
• Adanya pelecehan terhadap posisi konsumen
• Adanya kesenjangan dalam pembagian pendapatan
• Tidak adanya persaingan
• Mengurangi ke sejahteraan konsumen




PERANAN PEMERINTAH DALAM PASAR MONOPOLI

DAMPAK NEGATIFNYA :
• Mencegah timbulnya monopoli itu sendiri
• Pemberian izi kepada perusahaan baru
• Menambah penawaran barang dalam negeri dengan jalan impor
• Pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi

2} PASAR OLIGOPOLI

PENGERTIAN PASAR OLIGOPOLI

Pasar oligopoli adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang di kuasai oleh beberapa perusahaan.jumlah perusahaan pada pasar ologopoli umumnya lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
CIRI-CIRI PASAR OLIGOPOLI

• Terdapat banyak pembeli di pasar
• Hanya ada beberapa penjual
• Produk yg di jual bisa bersifat homogen,dan bisa juga berbeda
• Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru
• Adanya saling tergantungan
• Penggunaan iklan sangat intensif

3} pasar persaingan monopolistik

Pengertian pasar persaingan monopolistik

pasar persaingan monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek.
Contohnya : pasar mobil di indonesia.

CIRI-CIRI PERSAINAGN MONOPOLISTIK

• Terdapat banyak produsen atau penjual
• Jenis barang yg di pasarkan berbeda
• Adanya kemampuan produsen untuk mempengaruhi harga.
• Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar
• Promosi penjual harus aktif





KEBAIKAN DAN KEBURUKAN PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK

KEBAIKAN PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
Barang yang perdagangkan pada pasar persaingan monopolistik berbeda, walaupun fungsinya sama. Perbedaannya monopolistik bisa menyangkut kualitas,harga,atau pelayanan.kebaikan lainnya masyarakat umumnya selalu mendapat pelayanan baik karena perusahaan ingin memuaskan pelanggan nya untuk mengisolasikan dirinya dari persaingan.

KEBURUKAN PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK

Karena persaingan yg tajam, perusahaan mengeluarkan biaya promosi yang mahal. Hal ini mendorong harga pada pasar persaingan monopolistik berada di tingkat tinggi.

*PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBENTUKAN HARGA PASAR

Karena mekanisme pasar yang berbeda, harga pasar yang tercapai pun berbeda-beda. Kadang kala melakukan intervenisi dalam pembentukan harga. Tujuannya adalah agar yang tercapai tidak merugikanprodusen maupun konsumen sehingga roda ekonomi tetap berputar.

PEMBENTKAN HARGA DI PASAR URAIAN :
• Harga eceran tertinggi
• Haga esceran terrendah
• Penetapan pajak
• Pemberian subsidi

Demikian lah pembahasan tentang pasar dan berbagai macam-macam strukturnya. Pada bab selanjutnay akan di bahas empat faktor produksi utama yang di gunakan untuk menghasilkan berbagai barang yang yg di jualbelikan di pasar.saya juga akan mempelajari bagaimana pembentukan harga di pasar faktor produksi.

1 komentar:

  1. mana contoh pasar persaingan sempurnanya berikan contoh hitungannya dong, berdasarkan rumus diatas...

    BalasHapus